Sumpah Pemuda

Leave a comment

Sumpah pemuda??

hari bersejarah di negaraku tercinta ini dirayakan setiap tanggal 28 Oktober setiap tahunnya. Di sekolah-sekolah, dari TK, SD, SMP, SMA semuanya pokoknya pasti ada upacara buat ngerayain hari Sumpah Pemuda ini.

Hari Sumpah Pemuda sebenarnya diadakan untuk memperingati bersatunya pemuda-pemuda seluruh Indonesia melawan penjajahan Belanda yang sudah berlangsung selama 100 tahun lebih.

28 Oktober 1928, lahirlah sebuah bangsa yang besar yang memiliki pemuda-pemuda yang mencintai negaranya lebih dari apapun, yang sudah telalu lelah pasrah pada tindasan bangsa lain selama lebih dari 100 tahun. Pada hari itu juga dideklarasikan sumpah yang berkata

Sumpah Pemuda versi orisinal

Pertama
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoewa
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

dari sinilah dimulai perjuangan yang lebih terasa nyata melawan penindasan Belanda. Sebelumnya, rakyat Indonesia memang tidak diam saja ditindas bangsa lain, namun perjuangan dilakukan secara individual atau kelompok kecil saja. Melalui momen Sumpah Pemuda ini, rakyat Indonesia bersatu melawan Belanda. Go Indonesia! lanjutkan perjuangan pemuda jaman dulu!!

sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Sumpah_Pemuda

Advertisements

Indonesia

1 Comment

aku orang Indonesia asli.. lahir di Jogja dan besar juga di Jogja dan aku cintaaaaa Indonesia.

Indonesia tuh negara yang sebenernya kaya banget! bukan cuma dari segi budaya yang emang udah terkenal dari batiknya, tari balinya dkk, Indonesia juga punya sumber alam yang luarbiasa kaya. flora, fauna endemik yang super langka kayak komodo, lautnya yang kaya banget, hasil tambang minyak, emas, batubara, dan lain-lain yang bikin negara lain ngiri sama Indonesia. cuma, pemerintah Indonesia sama rakyatnya aja yang kurang menghargai semua itu, mulai dari illegal logging, sampe sampah yang menumpuk dimana-mana terutama di kota-kota besar. persebaran penduduknya juga kacau banget. Jakarta penuh banget sama orang sampe macetnya parahhhh banget gitu sedangkan daerah kayak Kalimantan, Papua, penduduknya jarang-jarang.

tapi, gimanapun juga, I LOVE INDONESIA!